Pemuda Papua Jangan Tingal Diam, PON XX Milik Kalian 

JAYAPURA – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 yang digelar di Provinsi Papua diharapkan menjadi momen Pemuda Papua mengembangkan potensi olahraga dan ekonomi lokal secara kreatif.
Hal ini diungkapkan ketua DPD KNPI Provinsi Papua Alberto Gonzales Wanimbo saat ditemui di Abepura Sabtu, (4/5).
Menurutnya PON 2020 adalah momen bersejarah bagi masyarakat Papua dan khususnya pemuda Papua, maka pemuda  harus peka bisa dimanfaatkan kegiatan akbar 4 tahunan ini dengan pengembangan bakat olahraga untuk mengisi pelaksanaannya sebagai juara baru dalam moment nasional ini.
” Pemuda Papua tidak bisa tinggal diam ini waktunya kalian menunjukkan prestasi kalian di negeri kalian sendiri bahwa kalian bisa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan saudara-saudara lainnya dengan prestasi maka siapkan diri dari sekarang,” katanya.
Tak hanya itu, pria yang disapa akrap AGW ini juga meminta PON yang direncanakan akan dihadiri ribuan pengunjung tersebut diharapkan menjadi potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh pemuda Papua dengan menjual keterampilan lokal yang ada di Papua, maka Pemuda harus menangkap peluang ini.
“Ini (PON) momen kita pemuda untuk menciptakan kreativitas lokal lewat noken, pernak-pernik Papua dan masih banyak peluang usaha lainnya yang bisa dikembangkan oleh pemuda Papua. Saya kira ini rumah kita, tempat kita jadi Mari coba kita tunjukan dengan menangkap peluang bisnis yang menurut saya sangat luar biasa nanti,” tegasnya.
AGW yang juga sebagai Ketua Relawan PON itu berharap terkait hal ini perlu ada kerjasama dari pemerintah yang ada di 29 Kabupaten satu kota untuk  pengembangan bakat bagi anak muda Papua dan juga dalam dunia enterpreneurship agar mereka tidak menjadi tamu, tetap menjadi tuan di negerinya sendiri.
” Mari pemda memberi peluang sebesar-besarnya bagi pemuda khususnya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi untuk mengembangkan bisnis dalam pelaksanaan PON dan juga menyeleksi atlet yang sesuai dengan bakat dan talenta mereka yang dilakukan secara rutin mulai saat ini, kita tidak bisa diam dan jangan sampai kita membuat malu diri kita sendiri, maka dalam penyelenggaraan PON Pemuda bersama pemerintah harus bersatu untuk menyukseskan ajang terbesar yang menjadi tekat dan komitmen pemimpin Papua Lukas Enembe dan Kelemen Tinal ini,” ujar Arbertho, (mar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *