Kalahkan Yalimo FC Di Final Lapago FC Juarai Lapago CUP I 2018

Gol tungal pemain Lapago FC Agus Kogoya saat mengheading bola ke gawang Yalimo FC yang tidak mampu di tahan kiper hingga gol.
JAYAPURA – Lapago FC berhasil menumbangkan Yalimo FC (1:0) pada laga final  Lapago CUP I, dengan demikian Lapago FC berhasil menjuarai petandingaan Lapago CUP I 2018 di Lapangan Sepak Bola Macandara Universitas Cenderawasih, Perumnas III Waena, Sabtu, (8/12) lalu.
Pertandingan yang lahir dari inisiatif anak – anak Lapago tersebut guna mendukung PON 2020 dimana sejak awal babak pertama dimulai kedua tim bertanding secara Fair Play dengan saling menjual serangan dan bermain terbuka hingga pada babak pertama selesai skor berakhir kacamata.
Foto bersama Lapago FC bersama Panitia dan Ketua TPKK Papua Yulce Enembe usai menerima pialah bergilir.
Hingga memasuki bapa kedua di menit ke 83 babak kedua dengan memanfaatkan umpan silang salah satu pemain Lapago FC Agus Kogoya,  memanfaatkan postur tubuh yang tinggi ia berhasil menggheading bola ke arah gawang Yalimo FC yang tidak berhasil ditepis oleh kiper sehingga menjawab usah keras dari anak – anak Lapago FC  karena harus bermain dengan 10 pemain karena salah satu pemain Lapago FC Robi Kogoya harus  kelur lapangan usai dikenakan kartu merah oleh wasit. skor 1:0 bertahan hingga pertandingan Usai.
Pertandingan yang berlangsung selama 1 bulan tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat dan pelatih karena sebelumnya banyak yang mengatakan akan terjadi bentrok antar tim namun dapat berlangsung dengan aman.
“Kami bersyukur kepada Tuhan karena banyak Orang beranggapan kalau orang gunung menggelar perhatindingan pasti akan kacau, tetapi semua dapat berlangsung dengan aman,” kata Ketua Satu Panitia Lapago CUP I 2018. Rikky O Gombo saat melaporkan laporan pertangungjawaban Panitia.
Yalimo FC dan Lapago FC saat mengakhiri Pertandingan Final
Dikatakan Rikky bahwa yang terlibat ada 20 tim  dari masing – masing kabupaten di wilayah adat Lapago dan wilayah adat lainya dengan melibatkan panitia dari 10 Kabupaten di wilayah adat Lapago.
Apresiasi juga datang dari Ketua tim penggerak PKK Provinsi Papua Yulce Enembe yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di dampingi Bupati Mambermo Tengan Ham Pagawak.
” Saya sangat bangga sekali dengan adik-adik yang bermain ini merupakan hal yang positif dan Bapak Gubernur senang dan dukung seperti begini, juga Mama sangat bangga karena banyak Orang beranggapan kalian anak-anak gunung pasti bikin kacau atau masih terbelakang tapi hari ini kalian membuktikan bahwa kalian bisa! maka lakukanlah hal positif jangan miras dan narkoba karena pasti mama akan mendukungnya,” ujarnya banga.
Ia berharap kedepan pertandingan seperti ini harus terus digelar, namun selain pertandingan sepak bola Putra juga harus ada sepak bola putri untuk galanita sehingga putra putri papua untuk wilayah lapago bisa menampilkan bakat dan talentanya.
Sementara itu, selaku senior di wilayah adat Lapago Bupati Mamberamo Tengan Ham Pagawak memberikan apresiasi dan berharap seluruh senioritas wilayah pegunungan Tengah harus mendukung pertandingan ini dan berharap tahun depan bisa digelar lagi dengan kapasitas yang lebih meriah.

” Kami harapkan ada tim seperti persipura di wilayah pengungan, hal ini bukan bermaksud untuk bersaing tetapi banyak anak-anak pegunungan yang memiliki talenta yang luar biasa, namun terbatas untuk tampil di Liga 1 maka kami harapkan menjadi perhatian Gubernur Papua,” Ujar bupati yang disambut tepuk tangan oleh seluruh tim dan juga  para penonton.

Pemain Lapago FC bersama suporter dan panitia merayakan kemenangan dengan foto bersama
Sementara itu, selaku kepala suku wilayah adat Lapago di Jayapura Paus Kogoya yang terus menemani panitia sejak awal memberikan apresiasi kepada Gubernur Papua dan Ketua  PKK Papua  Yulce Enembe dan Bupati Ham Pagawak yang bisa memiliki inisiatif dan kesadaran untuk memperhatikan anak-anak Papua untuk memberi dukungan dalam meningkatkan bakat dan talenta mereka di sepak bola.
“Saya sebagai kepala suku dan orang tua hanya menyampaikan terimaksi karena Ibu Gubernur dan Bupati Memberamo bisa memperhatikan panitia dan mendukung anak – anak untuk mengembangkan bakat dan talenta mereka di dunia sepak bola kami harap akan menjadi perhatian Gubernur dalam menghadapi PON 2020,” ujarnya,
Dari hasil pertandingan tersebut Lapago FC berhasil meraih juara satu, dan Yalimo FC juara II sementara juara tiga di raih Purom FC, selajudnya tim dan pemain terbaik  diraih oleh Asmat FC, dan Top Skor oleh pemain Yalimo FC. (Mar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *