Dinilai Menghambat Program Bupati, Partai Garuda Tolak KB Di Lanny Jaya

 

JAYAPURA – Dinilai menghambat program Bupati Lanny Jaya untuk mempercepat pertumbuhan penduduk dengan program ibu yang hamil diberikan dana Rp. 5 Juta. Partai Garuda Lanny Jaya menolak tegas penerapan program Keluarga Berencana (KB) di wilayah itu.

Hal tersebut dikatakan Ketua Partai Garuda Lanny Jaya, Danius Wenda kepada media ini di Jayapura, Kamis, (4/10) malam.

“Maka dengan itu saya menolak program KB dengan alasan program KB ini tidak sesuai dengan kondisi yang ada, karena Orang asli Papua (OAP)  saat ini sudah menjadi minoritas. Program KB kesannya menjadi pembatasan populasi OAP. Seharusnya program KB tidak perlu diberlakukan di kabupaten Lanny Jaya,” katanya.

Pemkab Lanny harus memberi jaminan kepada masyarakat, terutama bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, sebab itu yang terpenting Bukan Program KB karena menurutnya BKKBN melalui program KB akan membatasi populasi OAP dan program KB Itu bukan solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Lanny Jaya.

“KB itu, suda menjadi sebuah pemahaman di masyarakat bahwa KB membatasi kelahiran anak – anak Papua yang hitam kulit, rambut keriting yang semakin berkurang, karena masyarakat Papua makin habis, jadi KB yang tujuanya untuk mengatur jarak kehamilan itu perlu dirubah kata KBnya sehingga masyarakat jangan mengangap ini sebagai momok yang menghilangkan orang Papua,” terangnya.

Lanjut Danius berharap agar Pemda Provinsi maupun pusat dapat menyesuaikan program KB dengan kondisi daerah apa lagi Pemda Lanny Jaya memiliki program yang mengharuskan ibu hamil melahirkan anak sebanyaknya.

“Kami harapkan pemerintah pusat dan daerah paham kondisi daerah dengan program yang suda ada, jangan hanya asal diterapkan,” pungkasnya.

Sebelumnya pemda Lanny Jaya bersama penerintah Provinsi bersama Organisasi Perangakat Daerah (OPD) terkait melakukan sosialisasi KB di setiap distrik yang ada di wilayah itu,(mar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *