Bawaslu Lanny Jaya:  Dalam Kampanye Semua Bertangungjawab Memberikan Rasa Keamanan 

JAYAPURA – Jelang pelaksanaan pemilihan legislatif, presiden dan wakil presiden Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lanny Jaya mengharapkan agar semua elemen bertanggung jawab mendukung dan menyukseskan pemilihan dengan damai  menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
Ketua Panwas Lanny Jaya Dujan Kogoya SH MH mengungkapkan, berhubung telah ditetapkan daftar calon tetap (DPT) oleh DPRD serta menetapkan jadwal kampanye maka ia menghimbau, para caleg dan partai politik melaksanakan kampanye tidak menggunakan fasilitas negara seperti kendaraan dinas, gedung sekolah, kantor distrik dan kampung.
“Jadi sebelum pelaksanaan kampanye pimpinan partai diwajibkan memberikan surat izin keramaian dan mohon pengamanan secara tertulis kepada Kapolres, guna pengamanan.
Kami harap melakukan kampanye secara tertib aman, damai serta tidak menyampaikan orasi kampanye yang berbau SARA menghina calon dan Partai lain melakukan orasi dalam keadaan beralkohol juga tidak melakukan masak -memasak dengan cara bentuk apapun juga dapat menyesuaikan dengan jadwal waktu kampanye,” kata Dujan di Jayapura kepada media ini, Kamis, (3/10).
Selain itu, ia juga meminta kepada Forkompinda, kepala distrik, kepala kampung dan para ASN untuk menjaga netralitas dari tahapan persiapan hingga pelaksanaan Pemilu 2019 serta tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun apalagi kendaraan dinas.
“Bahkan pemimpin daerah juga kami harapkan untuk menghitung beberapa ASN yang melakukan pencalonan, namun belum ada surat pengunduran diri serta Kami harapkan adanya pengamanan dari aparat TNI dan Polri,” ujarnya.
Sementara bagi masyarakat umum lanut mantan pengacar itu, diharapkan untuk tidak membawa alat tajam panah atau dalam keadaan beralkohol saat kampanye pileg di setiap dapil  masing-masing, serta masyarakat diharapkan tidak menerima bantuan dalam bentuk apapun dari caleg serta  diharapan untuk tetap Netral serta mampu mendukung terlaksananya Pilkada dengan mendoakan.
Pihaknya berharap agar tidak terjadi pelanggaran pemilu dan jika terjadi maka akan dibawa dalam proses hukum, (mar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *