Pemda Yahukimo Buka Jalan Baru 230 Kilo Menuju Jayawijaya

Bupati Yahukimo Abock Busup bersama staf saat mamantau proses pembangunan jalan antar Yahukimo – Jayawijaya belum lama ini.
JAYAPURA – Sebagai bentuk perhatian memerintah dalam dalam memberikan layanan akses antar wilayah di Kabupaten Yahukimo, Pemerintah Kabupaten Yahukimo bangun jalan Yahukimo – Jayawijaya dengan jarak 230 Kilo.
“Infrastruktur jalan dari yahukimo ke wamena (Jayawijaya) itu kita suda mencapi 80 kilo suda dibuka dengan jarak yang  akan dicapai 230 kilo,” ungkap Bupati Kabupaten Yahukimo Abock Busup, di Jayapura, Rabu, (4/7).
Dikatakan ditahun 2018 ini pemkab akan bukan jalan dari Herawe yang merupakan perbatasan antar Jayawijaya dan Yahukimo dengan jarak diatas 20 kilo dengak biayah 58 miliar.
“Tadinya orang Mugi, Yogosem, Kurima yang jalan kaki memikul barang bangunan dan  sembako kita bisa menguranginya,” harap Bupati
Ia berencana pada minggu depan akan dilakukan pelouncingan inftastruktur dasar dari Herawe, Mugi, Yogosem, dan Subaham ke Yahukimo.
Selain itu lanjud Abock menambahkan selain itu, pemerintah juga akan buka jalan dari pugima menuju Yomate dan Angruk akan dibukan dengan jarak 20 kilo.
“Dengan dana infrastruktur 29 miliar, juga dari daerah Suru suru ke Silimo juga ada infrastruktur jalan dengan dana 35 miliar dan dari Dekai ke Kimyal  itu akan mengunakan dana 20 miliar juga dari Dekai ke Soator 35 kilo juga suda di buka jalanya, ini bagiaan komitmen pemerintah dalam  menguhungkan  daerah isolasi, denga target sampai dengan 2021, jadi APBD ada kita siapkan saja,” paparnya.
Dengan terobosan akan memangkas akses masyarakat yang dulunya berjalan kaki, karena sebelumnya masyarakat harus berjalan kaki bisa sampai 1 – 2 hari.
“Kita juga suda kerja sama dengan beberapa kabupaten agar setiap kabupaten bisa membangun jalan masuk antar kabupaten,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *